hallo sista... Selamat datang di Wonderful Cosmetic... Kami menjual berbagai macam produk kecantikan... Barang DIJAMIN ORIGINAL 100%... Untuk pemesanan dapat via SMS (085727046729) atau BBM (5A03B555)

ANTI-PENUAAN (2)


2 Agustus 2016

Tanda- Tanda Awal Proses Penuaan     

Sebagaimana proses-proses lainnya, proses penuaan pun memiliki tanda-tanda awal yang dapat kita cermati. Apakah saja tanda-tanda itu?

Adanya keriput pada kulit yang dapat terlihat dengan jelas tanpa ekspresi wajah.

Keriput terjadi karena menipisnya lapisan kolagen dan elastin di dalam lapisan dermis kulit. Beberapa teknik untuk mengatasi kondisi ini yang sering kita temui adalah dengan menyuntikan kolagen sintetik. Bagaimanapun, cara ini hanya bersifat semantara karena sekali kedua serat ini berhenti berproduksi tidak ada cara lain yang dapat kita lakukan untuk membuat kedua serat ii berproduksi secara alami.

Terdapat garis-garis yang jelas dan masuk ke dalam kulit di ekspresi wajah

Garis ekspresi wajah ini biasanya terbentuk pada saat awal akil balig. Saat masih muda, garis ekpresi wajah ini akan hilang pada saat wajah tidak berekspresi. Dengan bertambahnya umur dan berkurangnya elastisitas kulit, garis ekspresi wajah akan tampak dengan jelas dan menjadi  garis permanen sekalipun wajah tidak berekspresi.

Terlihatnya kulit yang berlebihan menggunakan pada bagian sekitar mata, leher, dan tangan

Pada saat ini umumnya proses penuaan pada kulit sangat terlihat jelas karena tidak hanya keriput yang kita dapati tetapi proses kemunduran dari elastisitas kulit itu sendiri sudah terlihat.

TINDAKAN UNTUK MEMPERLAMBAT PROSES PENUAAN

Factor umur dan genetic merupakan factor yang tidak dapat kita hindari, tetapi alangkah baiknya bila kita mengerti dan menyadari bahwa proses penuaan dapat kita hindari dengan cara lain. Ada dua sikap yang perlu kit ambil dalam memperlambat proses penuaan tersebut :

Pencegahan

Ada beberapa pencegahan yang dapat kita lakukan secara mudah mencegah proses penuaan yang berlangsung lebih cepat daripada yang semestinya seperti dibawah ini :

  • Untuk Anda yang memiliki tipe yang kering, gunakanlah pelembap. Pelembap akan melindungi tekstur dan elatisitas kulit.
  • Hindari paparan langsung sinar matahari dan gunakan losion atau krim tabir surya yang memiliki SPF.
  • Hindari kebiasaan merokok atau berada di lingkungan sekitar yang penuh dengan asap rokok. Asap rokok bias menyebabkan kulit kering dan kusam.
  • Batasi konsumsi alcohol. Efek dari alcohol yang menarik air dari dalam tubuh akan menyebabkan kekeringan pada kulit.
  • Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan E yang saat ini sangat popuer sebagai anti-penuaan dan konsumsi cukup air minum sesuai dengan suhu sekitar Anda.
  • Beristirahatlah dengan cukup dan hindari tidur melewati tengah malam. Seperti organ lainnya, kulit kita butuh istirahat dan membentuk sel baru.
  • Hidup sehat secara fisik dan spiritual, dan hindari stress yang sebenarnya dapat mempengaruhi kesehatan kulit.
  • Hindari mengerutkan wajah karena ekspresi ini akan membentuk garis yang permanen menjelaang umur 45 tahun. Biasanya kita menemui garis ekspresi pada daerah dahi karena pengaruh ekspresi dari bagian alis mata ke arah atas.

TINDAKAN

Pada bagian ini akan diperjelaskan dua bahan utama atau unsure  kimia yang sering kali kita temui dalam produk kosmetik untuk memperlambat penuaan pada sakit. Saat ini segala badan riset kosmetik merancang berbagai produk yang banyak dijual di pasaran. Beberapa produk kosmetik yang mengandung bahan utama yang dipercaya bias memperlambat proses penuaan  tersebut antara lain :

Asam retinoat

Asam retinoat (retinoic acid) biasanya digunakan untuk mereka yang berusian 40 tahun atau pada orang yang mengalami kerusakan tekstur kulit, dalam hal ini garis-garis penuaan ataupun bintik-bintik hitam di sekitar kulit wajah yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Pada awalnya asam retinoat digunakan untuk pengobatan jerawat tetapi selanjutnya ditemukan bahwa zat ini mempunyai fungsi tambahan yang dapat memperhalus kulit, mengurangi garis-garis penuaan, dan memutihkan kulit wajah dari bintik-bintik hitam karena pengaruh sinar matahari.

Keuntungan yang bisa kita peroleh dari penggunaan asam retinoat dapat diperinci sebagai berikut:

  • Secara laboratorium dari riset telah dibuktikan bahan asam retinoat membantu mempercepat pergantian sel-sel kulit mati dengan sel baru, mengurangi produksi pigmen kulit melanin pada bagian kulit epidermis, dan membantu pembentukan serat kolagen dan elastic baru pada bagian kulit dermis.
  • Mengahaluskan serta menebalkan kulit yang selanjutnya menghilangkan garis-garis penuaan pada kulit wajah.
  • Memutihkan dan menghilangkan bintik-bintik hitam pada kulit wajah, baik yang disebabkan penuaan ataupun sinar matahari.
  • Meningkatkan peredaran darah kapiler ke kulit wajah sehingga kulit terlihat lebih sehat.

 

Terlepas dari keuntungannya, Anda harus mengetahui bahwa asam retinoat adalah obat. Dengan demikian, pemakaiannya harus menggunakan resep dan harus dalam pengontrolan dokter yang diresepkan. Asam retinoat biasanya tersedia dala tiga macam konsentrasi, meliputi 0,025%, 0,05%, dan 0,1%.

Pemberian obat ini bersadarkan umur, tipe kulit, sentisivitas terhadap zat ini, dan adanya tanda-tanda kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. Biasanya pengobatan selalu dimulai  dengan konsentrasi terendah untuk melihat efek sensitivitas kulit terhadap obat tersebut. Selanjutnya, bila  dosis pengobatan dinaikkan, sebaiknya konsentrasi nya dinaikkan secara perlahan dan dalam kurun waktu teratur untuk menghindari adanya iritasi pada kulit.

Produk ini digunakan setelah mencuci muka, biasanya  diformulasikan dalam bentuk krim atau losion. Waktu pemakaian yang terbaik adalah pada malam hari sebelum tidur dan dicuci kembali keesokan paginya untuk mengurangi sensitivitas bila terpapar sinar matahari pada pagi dan siang hari. Sebaiknya krim ini tidak dioleskan berlebihan pada kulit dan untuk pemakaian pertama kali harus diberikan selang waktu malam berikutnya untuk melihat reaksi dasar dan sensitivitas kulit si pemakai. Jadwal pemakaiannya juga diatur oleh dokter yang meresepkannya.

Selama menggunakan asam retinoat, ada hal-hal yang perlu dihindari yaitu:

  • Hindari kontak langsung dengan sinar matahari, Hal ini dapat ditempuh dengan beberapa cara seperti menggunakan paying anti-refleksi sinar matahari dan penggunaan berulang krim tabir surya.
  • Hindari rokok atau berada di ruangan penuh asap rokok.
  • Hindari pemakaian asam retinoat dengan kosmetik lainnya secara bersamaan. Bila Anda ingin menggunakan  krim tabir surya, berilah jeda beberapa saat sesudah mengenkan asam retinoat. Hal ini dikarenakan pamakaian asam retinoat yang bercampur dengan kosmetik lain secara bersamaan akan mempengaruhi kestabilan asam retinoat itu sendiri serta dapat memacu iritasi yang timbul pada kulit seperti produk sabun muka ataupun astringent.
  • Hindari pemakaian asam retinoat dengan pengobatan yang dapat memacu sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.
  • Hindari pemakaian asam retinoat pada masa kehamilan. Pemakaian obat ini, terutama yang diminum, dapat menimbulkan cacat pada bayi yang dikandung.
  • Hindari pemakaian asam retinoat di daerah sekitar mulut dan mata . walaupun terdapat beberapa keuntungan dari penggunaan zat ini di daeah mulut dan mata, namun pemakaiannya ini harus diikuti dengan aturan pakai atau instruksi jelas dari dokter yang bersangkutan mengingat bagian tersebut lebih sensitive dari pada bagian lainnya.

Anda yang ingin menggunakan produk yang mengandung asam retinoat, harus mempersipakan mental dna tidak terkejut terhadap efek samping pemakaian obat ini. Umumnya pada dua minggu pertama setelah pemakaian, kulit akan mengalami iritasi dan kemerahan. Rasa panas dan terbakar juga merupakan hal yang sering dirasakan sebagai efek samping pemakaian zat ini. Hal ini dapat dimengerti karena pada pemakaian di minggu pertama, asam retinoat ini menipiskan lapisan epidermis kulit. Selanjutnya kita akan merasakan kekeringan di bagian atas kulit dan kulit akan terlihat sedikit mengelupas.

Hal-hal itulah yang membuat formulasi asam retinoat lebih baik dibuat dalam sediaan krim dengan tujuan untuk lebih menjaga kelembapan kulit. Selain itu, pemakaian krim tabir surya yang berulang diharuskan pada pagi dan siang hari untuk melindungi kulit dari pancaran langsung sinar matahari.

Bagaimana bila terjadi iritasi yang cukup serius saat Anda menggunakan asam retinoat? Berikut tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya:

  • Hentikan pemakaian krim asam retinoat selama beberapa hari dan pantau kondisi kulit yang sedang bermasalah.
  • Selain member jarak pengobatan, Anda juga bisa menurunkan konsentrasi asam retinoat dalam krim yang digunakan.
  • Bersikaplah tenang dan sabar. Pengobatan ini membutuhkan waktu dan perhatian yang cukup lama.
  • Kunjungi kembali dokter yang meresepkan obat ini kepada Anda.

 

Asam Alfa Hidroksi (alpha-bydroxy acid-AHA)

Ada beberapa sumber yang dapat menghasilkan asam alfa hidroksi. Zat ini diekstraksi dari  beberapa jenis buah-buahan dan hasilnya sering kita kenal sebagai asam buah (fruit acid). Asam buah yang sangat dikenal antara lain adalah asam sitrat yang berasal dari lemon, asam tartarat dari anggur, dan asam malat dari apel. Sedangkan bentuk lain dapat ditemukan dari susu yaitu asam laktat. Akan tetapi semua bentuk asam alfa hidroksi yang digunakan dalam industry kosmetik saat ini umumnya telah diproduksi secara kima. Dari semua golongan asam alfa hidroksi, yang sering  digunakan secara umum adalah asam glikolat.

Asam glikolat ini umumnya dapat kita temukan dalam sediaan kosmetik ataupun dalam bentuk obat. Keduanya dapat berupa krim, losion, salep, gel, ataupun dalam sabun pembersih. Tetapi dalam sabun pembersih umumnya unsure ini tidak membersihkan efek yang sama seperti di dalam bentuk sediaan kosmetik lainnya karena konsentrasi zat ini di dalam sabun pembersih akan terbawa pada saat pembilasan dengan air.

Bertambahnya konsentrasi zat ini dalam sediaan akan mempengaruhi besarnya efek terhadap kulit. Konsentrasi yang biasa kita temui di dalam sediaan dapat dibagi menjadi tiga jenis:

Konsentrasi Rendah.  Pada konsentrasi ini umumnya persentase yang digunakan hingga 10%. Konsentrasi sebesar ini dapat kita  temukan pada bentuk kosmetik yang dijual secara bebas di pasaran dan tidak memerlukan pengawasan dari dokter atau speialis kulit. Efek yang diharapkan adalah mendesak sel kulit mati untuk melepas ikatan dengan sel kulit mati akan terkelupas dan tampak kulit muda dan lembut. Selain itu, asam glikolat memiliki efek menyerap air dari luar kulit yang menyebabkan kulit menjadi lebih lembap dan lembut. Efek pelembapan ini ternyata lebih bertahan lama daripada krim pelembap pada umumnya. Efek lain yang mungkin dapat kita lihat setelah pemakaian produk yang mengandung zat ini adalah anti-peradangan, memutihkan kulit dan memperbaiki tekstur kulit dari kerusakan oleh sinar matahari, dan yang tidak kalah pentingnya mempunyai efek untuk mengurangi garis-garis penuaan di atas kulit.

Konsentrasi Sedang. Pada konsentrasi hingga 50% penggunaan unsure ini harus dalam pengawasan dokter ahli kulit. Pada konsentrasi tersebut setelah pemakaian beberapa bulan, terlihat jelas perbaikan di bagian epidermis. Tekstur dan sel kulit terlihat seragam, bagian atas kulit terlihat lebih halus, dan garis-garis penuaan berkurang bersamaan dengan bertambahnya umur atau pengaruh kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. Kulit akan jauh tampak lebih cerah dan putih merata. Pada bagian dermis dapat dilihat terjadinya pengaktifan dari pembentukan serabut kolagen baru yang berguna dalam pembentukan tekstur kulit dan elastisitas kulit.

Konsentrasi Tinggi. Konsentrasi hingga bata 70% termasuk ke dalam konsentrasi tinggi. Tentunya penggunaan konsentrasi sebesar ini harus dengan pengawasan dokter ahli kulit. Mekanisme kerja dari penggunaan konsentrasi tinggi asam glikolat ini adalah pengelupasnya bagian teratas kulit sehingga bagian bawah kulit (dalam hal ini bagian atas epidermis yang baru) akan berkembang dan menggantikan tempat yang baru sehingga terlihatlah kulit muda yang sehat dan segar. Tetapi, semua akan sangat tergantung kepada lamanya kontak zat kimia tersebut terhadap kulit dan frekuensi penggunaannya. Seperti apa konsentrasi sedang, terlihat juga perubaha yang jelas pada tekstur kulit di bagian atas epidermis. Warna kulit terlihat lebih cerah dan merata. Pada bagian bawah epidermis, dalam hal ini bagian dermis, juga terlihat adanya pembentikan se-sel kolagen dan elastin muda.

Factor-faktor lain yang perlu diperhatikan dalam penggunaan asam alfa hidroksi :

  • Bagian yang memiliki kulit yang sensitive dianjurkan melakukan tes sensitivitas pada area yang kecil. Bila terlihat adanya tanda-tanda kemerahan dan rasa panas yang jelas terlihat dan dirasakan, berarti kulit Anda sangat sensitive terhadap unsure tersebut dan pemakaiannya tidak dapat diteruskan.
  • Pemakaian asam alfa hidroksi pertama kali dimuali dari konsentrasi rendah, misalnya antara 2,5% sampai 4%, tergantung kepada sedian yang tersedia dan tergantung terhadap tes sensitivitas kulit.
  • Pemakaian dimulai dari sehari sekali yang kemudian dapat diteruskan menjadi dua kali sehari, bila tidak terlihat tanda-tanda iritasi pada kulit.
  • Setelah pemakaian beberapa minggu, konsentrasi zat ini dapat dinaikkan, tergantung kepada hasil yang diharapkan, tipe kulit, dan sensitivitas kulit.
  • Pemakaian asam alfa hidroksi di atas 10% hanya boleh diresepkan dan dalam pengawasan dokter kulit yang berpengalaman.
  • Pemakaian asam alfa hidroksi harus direstai dengan penggunaan krim tabir surya, walaupun si pemakai harus menggunakan pada malam hari. Hal ini dikarenakan bagian kulit yang baru harus dilindungi dari sinar matahari yang merusak. Pemakaian krim tabir surya perlu dilakukan secara berulang.
  • Sediaan yang dibuat untuk asam alfa hidroksi ini harus disesuaikan dengan jenis kulit si pemakain untuk memberikan rasa yang nyaman. Sebagai tipe kulit yang kering , bentuk krim lebih direkomendasikan.

Sama seperti zat lainnya, asam alfa hidroksi juga memiliki efek samping. Pada konsentrasi yang rendah umumnya ditemui kemerehan, rasa panas seperti disengat semut, ataupun rasa gatal. Hal ini mendandakan kulit Anda sensitive dan mudah teriritasi. Hal yang dapat ditempuh adalah berkonsultasi dengan dokter ahli kulit sebelum meneruskan pemakaian zat tersebut.

Pada pemakaian dengan konsentrasi sedang hingga tinggi, asam alfa hidroksi dapat menimbulkan efek seperti luka bakar ringan yang disertai terkelupasnya bagian atas kulit. Terutama pada mereka yang memiliki kulit yang lebih gelap, pemakaian asam alfa hidroksi konsentrasi tinggi perlu mendapatkan pemantauan yang serius dari dokter ahli kulit karena dapat menimbulkan iritasi dan bulatan-bulatan hitam akibat aktifnya pigmen di dalam kulit.

 

Asam Bialurotan

Asam retinoat dan asam alfa hidroksi merupakan zat kimia yang biasa digunakan dan sangat pupuler untuk memperlambat proses penuaan kulit. Namun, pengembangan riset dalam penemuan anti-penuaan semakin marak dan perusahaan-perusahaan farmasi pun terpacu untuk melakukan riset dan uji coba terbaru atas bahan aktiv lain yang bisa digunakan untuk memperlambat penuaan. Salah satu bahhan aktiv yang diuji adalah asam hialuronat.

Di bawah ini riset penggunaan asam hiakuronatyang diujicobakan dengan cara disuntikkan pada bagian atas telapak tangan dalam jangka waktu tertentu untuk mengurangi garis-garis penuaan pada kulit yang terlihat lebih kusam. Penelitian ini dilakukan atas kerjasama ahli-ahli dermatologis Inggris dengan University of the Art London. Pengambilan foto dilakukan di laboratorium Cosmetic Science School University of The Art London.

  • Pemberian krim anestesi sebelum dilakukan penyuntikan asam hialuronat di bagian atas kulit.
  • Setelah pemakaian krim anestesi local, bagian atas tangan ditutupi oleh plastik untuk memaksimalkan efek krim anestesi agar meresap secara baik ke bagian permukaan dalam kulit.
  • Penyuntikan asam hialuronat pada bagian atas tangan dan masuk  ke bagian bawah dermis.
  • Setelah penyuntikan asam hialuronat, kita akan mengulang penyuntikan ini kembali untuk melihat hasil yang memadai sebelum dilakukan pada daerah wajah. Penyuntikan ini dinilai setelah beberapa bulan penyuntikan dalamm waktu tiga bulan untuk melihat efektivitas asam hialuronat dan akan diukur menggunakan parameter statistic.



Baca juga
  » 2 Agustus 2016
pemutih kulit
Pemutih kulit atau whitening merupakan produk kosmetik yang biasanya disukai pemakai kosmetik di daerah Asia dan sekitarnya.

  » 2 Agustus 2016
ANTI-PENUAAN
Seperti yang kita ketahui, kulit merupakan penghalang utama tubuh dari dunia luar.

  » 29 Juli 2016
PELEMBAP (3)
Untuk memilih pelembap yang tepat, kita harus mensesuaikan dengan tipe kulit.

  » 29 Juli 2016
PELEMBAP (2)
Prinsip dasar yang perlu kits mengerti dalam rangka mempertahankan kelembapan kulit adalah menjaga kadar air di dalam kulit.

  » 29 Juli 2016
PELEMBAP
Kulit yang lembap berarti kulit yang memiliki kadar minyak lebih tinggi daripada kulit yang kering