hallo sista... Selamat datang di Wonderful Cosmetic... Kami menjual berbagai macam produk kecantikan... Barang DIJAMIN ORIGINAL 100%... Untuk pemesanan dapat via SMS (085727046729) atau BBM (5A03B555)

PELEMBAP (3)


29 Juli 2016

CARA TEPAT MEMILIH PELEMBAP

Untuk memilih pelembap yang tepat, kita harus mensesuaikan dengan tipe kulit. Umumnya cosmetician yang berada di counter penjualan dapat memeberikan penjelasan dan masukan mengenai tipe kulit kita. Dari situlah kita bias memilih jenis pelembap yang kita sukai.

Pelembap yang berada di pasaran biasanya terdiri atas beberapa macam sediaan, antara lain krim, losion, emulsi, cairan, salep. Pelembap tipe emulasi cairan dan salep biasanya jarang kita temui, kecuali formulasinya memiliki maksud dan khasiat tertentu pelembap yang mengandung kandungan air yang lebih banyak umumnya tidak memberikan rasa lengket dan kilap pada kulit setelah diaplikasikan. Hal yang sebaliknya berlaku dengan pelembap berkandung minyak yang lebih tinggi.

Dengan begitu banyaknya jenis pelembap yang ada di pasaran. Terkadang kita bingung menentukan pilihan. Sebenarnya ada hal-hal mendasar yang perlu dimengerti dalam memilih pelembap yang akan dipaparkan berikut ini.

 

Pelembap untuk tipe kulit kering

Pada tipe kulit kering, pori-pori kulit sering kali tampak lebih besar dan umumnya terdapat pada orang yang memiliki kulit yang lebih terang. Kulit pun tampak kusam dan terkadang terlihat mengelupas.

Pelembap sebaiknya digunakan oleh mereka yang berkulit sangat kering adalah pelembap dengan bahan utama oklusif (minyak) dan konsentrasi tinggi. Tujuan utama penggunaan bahan utama ini adalah untuk menghmbat penguapan air yang berlanjut dan mengembalikan elastisitas dan tekstur dari kulit.

Untuk tipe kulit kering yang tidak terlalu ekstrem, kita dapat menggunakan pelembap dengan kombinasi oklusif dan humektan (gliserin atau sorbitol). Kedua zat ini berguna untuk menyeimbangkan konsentrasi air dalam kulit

Pelembap untuk tipe kulit berminyak atau cenderung berminyak

kulit berminyak atau cenderung berminyak umumnya tidak memerlukan pelembap. Namun pada saat kadar kelembapan lingkungan sekitarnya rendah, misalnya saat tinggal di ruangan ber-AC pada jangka waktu panjang pemakaian pelembap bebas minyak sangat dianjurkan. Pada kulit yang berminyak dan berjerawat, pemakaian pelembap sangat tidak direkomendasikan karena akan menutup jalan keluar dari pori-pori kulit muka.

Pelembab  tipe kulit normal ataupun cenderung normal

Untuk tipe kulit normal atau cenderung normal, umumnya kulit memiliki produksi minyak yang cukup pada bagian atas kulit. Untuk itu penggunaan pelembap dengan konsentrasi humektan yang  tinggi lebih direkomendasikan.

Pelembap untuk tipe kulit kombinasi dan berminyak di daerah sekitar hidung dan dahi

pelembap bebas minyak sangat direkomendasikan bagi mereka yang memiliki kulit dengan tipe ini. Pelembap seperti ini umumnya mengandung konsentrasi air dan humektan yang cukup tinggi.

Pelembap bagi mereka yang berusia di atas 50 tahun

Mereka yang berusia di atas 50 tahun cenderung memiliki kulit lebh kering dan produksi kolagen kulit umumnya tidak produktif lagi. Hal ini menyebabkan elastisitas dan tekstur kulit tidak seperti saat masih muda. Pada saat-saat ini kita memerlukan pelembap yang merupakan kombinasi oklusif dan humektan atau pelembap dengan kadar minyak yang tinggi. Namun, tetap saja kita perlu menyesuaikannya dengan tipe kulit yang kita miliki.

Cara mengetahui persentase konsentrasi bahan utama

Pada umumnya produk kosmetik mengikuti standar formulasi yang ditentukan oleh INCI (Internasional Nomenclature of Cosmetic Ingredients). Setiap produk makanan, obat dan kosmetik yang dijual di pasaran secara bebas seharusnya mancantumkan daftar bahan utama dan tambahan yang terkandung dalam produk yang dijual. Biasanya nama unsur ini tertera dibagian belakang botol atau kotak produk yang dijual dan umumnya ditulis menggunakan nama kimia standarnya, misalnya vitamin E akan tertuli sebagai tokoferol (tocopberol). Anda dapat mengetahui artinya dengan melihat di situs INCI name.

Daftar kandungan bahan utama yang tertera pada kemasan produk kosmetik ini disusun berurut dari konsentrasi tertinggi ke konsentrasi terendah. Jadi, bila kita membeli produk pelembap dan melihat aqua pada urutan pertama daftar kandungan yang tertera di kemasan, berarti persentase tertinggi dari komposisi kosmetik tersebut adalah air. Teknik ini dapat digunakan untuk melihat keseluruhan persentase produk kosmetik yang kita beli.

 

Perbedaan Pelembap Wajah, Tubuh, dan Alat Gerak

Secara prinsip tdak melihat adanya perbedaan mendasar antara pelembap untuk wajah, tubuh, dan anggota gerak. Pelembap wajah umumnya diperkaya dengan berapa bahan untuk mendapatkan fungsi tambahan yang banyak diharapkan dari pembeli kosmetik. Pelembap yang memiliki formulasi dasar tidak terlalu diminati oleh pembeli karna pemakai kosmetik saat ini memilih produk yang memberi nilai tambahan daripada sekedar pelembap kulit biasa. Misalnya saja beberapa pelembap masa kini ditangkapi dengan tabir surya yang umumnya memiliki SPF 6-15, atau diperkaya dengan vitamin dan beberapa zat lainnya.

Pelembap untuk badan dan alat gerak umumnya lebih ditentukan kepada kesukaan konsumen itu sendiri. Karena umunya daerah badan dan anggota gerak tertutup pakaian, banyak orang memilih pelembap yang kurang berminyak atau dengan kekentalan yang lebih cair. Bagi sebagai orang yang memiliki tipe kulit sangat kering, kulit tampak bersisik atau mengelupas di bagian daerah badan dan alat gerak setelah selesai mandi, pemilihan pelembap yang lebih berminyak atau pelembap direkomendasikan. Kita pun dapat menggunakan minyak atau pelembap yang dioleskan ke tubuh sebelum mandi untuk menghindari adanya kulit yang bersisik dan mengelupas sehabis mandi. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari iritasi kulit di sekitar badan yang bersentuhan langsung dengan pakaian dan mengurangi rasa gatal yang timbul pada kulit kering atau bersisik, terutama untuk bagian lutut dan bagian bawah lutut. Kulit di area ini lebih kering dan kurang mendapatkan perhatian pada saat pemakaian pelembap.

Khusus untuk pelembap tangan, umunya pengguna kosmetik tidak terlalu suka dengan pelembap yang terlalu kental atau lengket di kulit. Mungkin yang menjadi salah satu penyebabkan adalah banyak orang yang menggenakan perhiasaan di tangan. Namun, perlu diinget bahwa bagian tangan sering kali terpapar zat kimia, misalnya saat mencuci tangan. Itulah  sebabnya pelembap tangan biasanya diperkaya dengan unsure silicon yang selain memberikan efek halus pada kulit juga tidak menimbulkan rasa lengket. Yang lebih penting, silicon melindungi kulit terhadap alergi yang dapat menimbulkan berbagai unsure seperti deterjen yang banyak terkandung dalam sabun.

Dasar-dasar pemakaian dan pemilihan pelembap harus kita pahami agar kita lebih bijak dalam memilih produk dan mendapatkan hasil maksimum dari produk kosmetik yang kita pakai sehari-hari.



Baca juga
  » 2 Agustus 2016
pemutih kulit
Pemutih kulit atau whitening merupakan produk kosmetik yang biasanya disukai pemakai kosmetik di daerah Asia dan sekitarnya.

  » 2 Agustus 2016
ANTI-PENUAAN (2)
tanda-tanda penuaan

  » 2 Agustus 2016
ANTI-PENUAAN
Seperti yang kita ketahui, kulit merupakan penghalang utama tubuh dari dunia luar.

  » 29 Juli 2016
PELEMBAP (2)
Prinsip dasar yang perlu kits mengerti dalam rangka mempertahankan kelembapan kulit adalah menjaga kadar air di dalam kulit.

  » 29 Juli 2016
PELEMBAP
Kulit yang lembap berarti kulit yang memiliki kadar minyak lebih tinggi daripada kulit yang kering