hallo sista... Selamat datang di Wonderful Cosmetic... Kami menjual berbagai macam produk kecantikan... Barang DIJAMIN ORIGINAL 100%... Untuk pemesanan dapat via SMS (085727046729) atau BBM (5A03B555)

PELEMBAP (2)


29 Juli 2016

PRINSIP DASAR DAN CARA KERJA PELEMBAP

Prinsip dasar yang perlu kits mengerti dalam rangka mempertahankan kelembapan kulit adalah menjaga kadar air di dalam kulit. Menjaga konsentrasi air  dalam kulit sering kali merupakan hal yang kontradiktif dalam kehidupan sehari- hari selain pengaturan sistem dari dalam tubuh tentunya faktor lingkungan dan tipe kulit ikut berperan. Konsentrasi air di dalam kulit dipertahankan oleh barier minyak di atas permukaan kulit. Barier minyak di atas epidermis kulit melindungi penguapan air dari dalam kulit ke luar kulit, sehingga tekstur kulit tetap terlihat sehat dan lembap. Dalam keadaan normal dan seimbang kulit kita memperoduksi minyak melalui kelenjar sebum. Tetapi pada keadaan yang tidak seimbang, terkadang produksi minyak ini tidak cukup melindungi kelembapan kulit dari penguapan air yang berlebihan dari dalam kulit ke luar kulit.

Disaat suhu sekitar memiliki kadar kelembapan udara yang rendah atar udara yang kering (misalnya pada ruangan ber-AC, musim dingin seperti di Eropa, musim kemarau dengan kondisi udara yang kering, ataupun setelah penggunaan sabun pembersih muka dan obat jerawat yang sering menyebabkan kekeringan pada kulit) , kandungan air di dalam kulit tertarik keluar sebagai efek adaptasi kulit terhadap pengaruh udara sekitar. Bila hal ini terjadi terus-menerus tanpa ada usaha perlindungan terhadap kulit, maka kekeringan dan kemerahan akan muncul pada kulit yang pada stadium lanjut akan terlihat mengelupas. Keadaan ini selanjutnya dikhawatirkan akan menimbulkan peradangan kulit yang sering kita kenal dalam istilah kedokteran sebagai dermatitis. Dermatitis dapat berlanjut lebih serius menjadi infeksi kulit, sebagai reaksi karena bagian dalam kulit sudah tidak dilapisi sempurna oleh bagian atas kulit (epidermis).

Jadi, menjaga integritas dari tekstur kulit yang sehat sangatlah penting. Di saat konsentrasi air dalam kulit yang tidak seimbang, kita perlu melindungi  dan mengembalikan system pengatur konsentrasi air di dalam kulit untuk kembali keadaan yang seimbang. Salah satu usaha yang dapat kita lakukan untuk mencapai konsentrasi air yang seimbang dalam kulit adalah dangan penggunaan pelembap (moisturizer). Prinsip kerja pelembap adalah untuk mengembalikan konsentrasi air dalam keadaan yang seimbang.

Ada dua bahan utama yang sering digunakan dalam pelembap. Keduanya dikenal dengan nama oklusif dan humektan.

Apakah sebenarnya oklusif itu?

Oklusif adalah suatu unsur yang berperan dalam memproduksi lapisan minyak di atas permukaan kulit. Pada saat yang tidak seimbang, bagian atas kulit tidak dilapisi cukup oleh lapisan minyak yang mempertahankan konsentrasi air di dalam kulit. Peran oklusif adalah untuk mencegah penguapan air dari dalam kulit. Zat ini akan lebih produktif apabila kita oleskan setelah mencuci muka karena zat ini akan bereaksi secara langsung untuk menahan kandunganair yang masih tersisa pada kuit.

Pada umumnya, oklusif meliputi minyak yang kita dapat dari hewan, mineral, dan tumbuh-tumbuhan. Pada produk kosmetik minyak ini telah diinformulasikan dengan campuran air dan unsur lainnya sehingga secara estetika akan terasa tidak lengket sewaktu dioleskan pada kulit. Pelembap dalam bentuk losion dank rim lebih digemari oleh pengguna kosmetik daripada bentuk salep. Umumnya bentuk salep ini lebih diperuntukkan untuk produk obat dikarenakan lebih bertahan lama di atas kulit.

Apakah sebenarnya humektan itu?

Humektan adalah suatu bahan utama dalam pelembap yang menyerap air.  Umumnya golongan bahan utama ini dapat menyerap air ke bagian dalam lapisan keratin sehingga menambah konsentrasi air dalam kulit. Pemakaian humektan diperuntukkan di daerah yang memiliki kelembapan udara sekitar yang cukup tinggi, karena fungsi dasarnya adalah menarik air dari luar ke dalam kulit. Pada saat udara sekitar memiliki tingkat kelembapan yang rendah atau kering, zat ini menyerap air dari dalam kulit sehingga menyebabkan kekeringan. Itulah sebabnya dalam penyebap yang baik diperlukan kedua bahan dasar ini untuk meneimbangkan kadar air dalam kulit terhadap suhu sekitar.

 

Bahan-bahan di bawah ini adalah beberapa zat yang sering kita temui dalam formulasi kosmetik:

  • Gliserin (gliserol)
  • Sorbitol
  • Propilen glikol
  • Asam hialuronat
  • Asam laktat
  • Fosfolipida (liposom)



Baca juga
  » 2 Agustus 2016
pemutih kulit
Pemutih kulit atau whitening merupakan produk kosmetik yang biasanya disukai pemakai kosmetik di daerah Asia dan sekitarnya.

  » 2 Agustus 2016
ANTI-PENUAAN (2)
tanda-tanda penuaan

  » 2 Agustus 2016
ANTI-PENUAAN
Seperti yang kita ketahui, kulit merupakan penghalang utama tubuh dari dunia luar.

  » 29 Juli 2016
PELEMBAP (3)
Untuk memilih pelembap yang tepat, kita harus mensesuaikan dengan tipe kulit.

  » 29 Juli 2016
PELEMBAP
Kulit yang lembap berarti kulit yang memiliki kadar minyak lebih tinggi daripada kulit yang kering